Hal yang Harus Dimiliki Penyedia Colocation

Penyedia colocation harus memiliki staf sepanjang waktu untuk memberikan dukungan TI berdasarkan permintaan. Penyedia colocation server CBTP bertanggung jawab atas pemeliharaan dan keamanan fasilitas mereka. Mereka memastikan daya dan pendinginan berlebihan, sehingga tidak terjadi pemadaman listrik.

Perusahaan yang menggunakan colocation dapat menempatkan peralatannya di beberapa pusat data, jika diinginkan. Ini akan berguna bagi perusahaan yang memiliki jejak geografis yang lebih luas dan ingin memastikan sistem komputer mereka terletak di dekat ruang kantor fisik mereka.

Memilih Penyedia Colocation
Seperti semua layanan TI, ada banyak opsi berbeda untuk penyedia colocation, dan masing-masing menghadirkan sesuatu yang berbeda. Amerika Serikat dan Kanada memimpin dalam colocation hosting. Menurut Quotecolo, saat ini “43 persen dari ruang operasional dunia untuk colocation berada di Amerika Utara.”

Penting untuk memperjelas prioritas bisnis saat memeriksa penyedia yang berbeda. Jika 100 persen uptime dan redundansi ada di bagian atas daftar, periksa dengan cermat perjanjian tingkat layanan (SLA) penyedia colocation.

Jika kepatuhan dan keamanan adalah prioritas utama, minta untuk melihat sertifikasi kepatuhan penyedia yang diberikan oleh auditor pihak ketiga. Penting juga untuk melakukan inventarisasi keamanan fisik. Apakah fasilitas kolokasi ini memiliki stabilitas geografis? Apakah ini bukti bencana alam dan bahaya buatan manusia? Apakah ada teknologi keamanan terbaru yang diinstal, termasuk kamera keamanan, otentikasi multi-faktor, dan proses check-in yang aman? Pastikan untuk memvalidasi bahwa fitur-fitur ini ada.

Meskipun fasilitas mungkin bukan kesepakatan yang berhasil atau gagal, memeriksa berbagai fasilitas yang disediakan oleh penyedia colocation dapat membantu membuat keputusan antara satu sama lain. Hal-hal seperti keahlian teknis yang selalu tersedia, dan fasilitas gedung seperti ruang konferensi, akses ke telepon, printer, dan peralatan kantor lainnya tidak pernah merugikan. Penambahan ini bisa berguna saat staf perlu bekerja di luar pusat data.

Pusat data beroperasi secara berjenjang, dan semakin tinggi tingkatannya, semakin baik pula pusat data tersebut. Dalam istilah hosting colocation, pusat data tingkat IV adalah yang paling kuat, sedangkan pusat data tingkat I menawarkan kapasitas paling kecil. Norma untuk sebagian besar penyedia layanan colocation terkemuka dan tingkat yang harus Anda upayakan adalah Tingkat III. Mulailah memeriksa penyedia colocation yang memenuhi kotak centang Tier III dan seterusnya untuk memenuhi kebutuhan bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *